Iklan

Ada 2.300 PSK Lewat Kupang Menuju Tim-Tim, Separuh "Nyangkut" Di Kupang, TTS, Malaka, Atambua

Ilutrasi PSK Lewat Kupang Menuju Tim-Tim,  Separuh "Nyangkut" Di Kupang, TTS, Malaka, Atambua


Kota Atambua, ibukota Kabupaten Belu jadi daerah transit paling nyaman bagi Pekerja Seks Komersial atau PSK asal Indonesia yang ingin Bisnis Lendir ke Negara Timor Leste.

Bisnis Lendir untuk PSK asal Indonesia ke Negara Timor Leste melalui daerah transit Kota Atambua yang marak akhir-akhir ini menjadi perhatian sejumlah kalangan juga sejumlah lembaga dan yayasan sosial.

Tercatat terdapat 2.300 PSK asal Indonesia yang melakukan Bisnis Lendir di daratan Timor mulai dari Kota Kupang hingga melintas ke Negara Timor Leste.

Hal ini tidak terungkap dalam diskusi bersama yang digagas UPKM CD Yakkum Bethesda Belu, Yayasan Tanpa Batas, KPA NTT, dan Opsi di Hotel Neo Aston, Kamis 16 Juni 2022.

Ketua Yayasan Tanpa Batas, Deni Sailani mengatakan 2.300 PSK di kota Kupang tersebut dari menjajakan seks berbayar di wilayah NTT hingga Negara Timor Leste.

2.300 PSK yang datang dari berbagai wilayah di NTT maupun dari luar daerah NTT.

"Jadi kalau tidak laku di Kota Kupang, maka mereka berpindah ke Atambua, TTU, Malaka dan TTS," papar Deni sebagaimana dikutip Rajawalinews dari Viktorynews.id

Dari penelusuran Yayasan ini daerah transit terbaik bagi PSK asal Indonesia sebelum ke Negara Timor Leste adalah Kota Atambua, ibukota Kabupaten Belu.

Katanya, selama di daerah transit di Atambua, PSK asal Indonesia melakukan Bisnis Lendir kepada para pria hidung belang dalam kurun waktu yang lama sebelum berpindah lagi.

Karena itu Deny berharap CD Yakkum Bethesda Belu bisa melakukan pendekatan kepada para pelanggan PSK untuk menggunakan kondom saat berhubungan.

"Para lelaki pemakai jasa PSK, tolong jangan egois karena memiliki uang lalu tidak mau memakai kondom. Tolong pakai pengaman itu, karena ada istri dan anak-anak di rumah yang tidak tahu apa-apa. Banyak istri dan anak-anak yang terinfeksi HIV karena keegoisan itu," ungkapnya.

Ditempat yang sama Koordinator Program UPKM CD Yakkum Bethesda Jogyakarta dan Belu, Sadina, mengatakan salah satu program pihaknya yaitu kesehatan reproduksi remaja yang di dalamnya ada tentang kondom.

Jelas Sadina, dari hasil survey yang dibuat lembaganya ternyata kondom Fiesta yang lebih di favoritkan untuk dipakai.

Untuk menyasar ke para PSK, Yakkum Bethesda menyalurkan melalui Kelompok Dukungan Sebaya (KDS). Sebab KDS lebih tahu siapa rekannya yang PSK dan ODHA.

PSK dapat mengambil kondom dari KDS dengan harga yang murah dan KDS selalu menyediakan stok kondom. (www.rajawalinews.id)


Iklan Atas Artikel

Iklan

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Iklan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan

Iklan Bawah Artikel

Iklan